Buka tiap hari jam 08.00 s/d jam 21.00 WIB
Selamat Datang di Website Stokis Nasa Trenggalek. Kami adalah Stokis Mitra Resmi PT Natural Nusantara. Menyediakan berbagai produk herbal dan organik, meliputi Produk Kosmetik & Perawatan Tubuh, Produk Kesehatan, Produk Rumah Tangga, dan Produk Agrokomplek (Pertanian, Peternakan dan Perikanan). Kami juga menerima pendaftaran Member / Mitra Baru PT Natural Nusantara, hubungi kontak kami ya. Selamat Berbelanja Online di Stokis Trenggalek yaa...
Beranda » Artikel Terbaru » Cara Menanam Bunga Mawar

Cara Menanam Bunga Mawar

Diposting pada 6 Mei 2019 oleh admin | Dilihat: 26 kali

Cara Menanam Bunga Mawar yang paling populer adalah menggunakan metode stek. metode stek merupakan metode menanam bunga mawar yang paling banyak dilakukan oleh para petani dalam budidaya bunga mawar. Karena metode stek relatif mudah dilakukan dan tingkat keberhasilannya juga cukup tinggi dibandingkan dengan cara yang lain. Bunga mawar merupakan salah satu jenis tanaman hias yang paling populer dari semua spesies bunga yang ada, banyak diminati oleh masyarakat untuk dijadikan sebagai hiasan halaman dan ruangan.  Bunga mawar memiliki banyak jenis mulai dari mawar merah, putih dan warna-warna lainnya.

 

Menanam bunga mawar juga relatif mudah, karena tidak memerlukan perlakuan khusus. Yang perlu diperhatikan yaitu menjaga tanaman agar tercukupi kebutuhan air dan nutrisinya. Air dan nutrisi merupakan faktor penting bagi pertumbuhan tanaman, karena jika kedua faktor tersebut tidak terpenuhi akan menyebabkan tanaman tumbuh tidak normal bahkan mati.

Cara Menanam Bunga Mawar

Syarat Pertumbuhan

  • Curah hujan yang dibutuhkan yaitu 1500 – 3000 mm per tahun
  • Membutuhkan penyinaran sinar matahari
  • Suhu lingkungan yang baik untuk pertumbuhan tanaman mawar yaitu 18 – 26 derajat Celcius dengan kelembaban 70% – 80%
  • Cocok ditanam pada tanah yang subur dan banyak mengandung bahan organik dengan pH tanah 5 – 7

Pembibitan Bunga Mawar

  1. Persyaratan Benih

Pilih benih mawar berkualitas baik agar tanaman mawar juga dapat tumbuh dengan baik dan optimal. Benih yang berkualitas diperoleh dari induk tanaman yang berkualitas, pertumbuhannya cepat, biji tidak abnormal dan tidak terserang hama maupun penyakit.

  1. Persiapan Benih

  • Lakukan pemilihan buah dari tanaman bunga mawar yang unggul, petik bunga mawar yang sudah matang dan terlihat bagus.
  • Siapkan media persemaian; siapkan tanah subur dan humus, lalu masukkan medi ke dalam persemaian. Siram medi hingga basah dan tanamkan bunga mawar satu per satu sedalam 0,5 – 1 cm. Biarkan beberapa hari agar biji keluar dan mengelupas dari bijinya.
  1. Pemeliharaan Benih

Setelah benih ditanam, lakukan penyinaran secara teratur. Pemupukan juga perlu dilakukan dengan baik agar media tetap subur dan gembur. Benih yang telah memiliki beberpa helai daun (umur 22 bulan) dapat dipindahtanamkan ke lahan atau kebun.

Pengolahan Media Tanam

  1. Menggunakan Lahan atau Kebun

  • Lahan atau kebun dibersihkan dari kotoran, gulma atau rumput-rumput liar
  • Tanah dicangkul sedalam 30 – 40 cm atau digali agar tanah menjadi subur dan gembur. Sambil ditambahkan pupuk kandang yang dicampur secara merata dengan tanah
  • Biarkan lahan selama 2 – 3 minggu
  • Buat bedengan dengan lebar 100 – 120 cm, tinggi 30 cm, dan jarak antar bedengan 30 – 40 cm, panjang bedengan disesuaikan dengan panjang lahan atau kebun
  • Berikan Natural Glio ke dalam lubang tanam. Lalu benih siap ditanam
  1. Menggunakan Polybag atau Pot

  • Siapkan tanah subur, gembur dan mengandung banyak bahan organik
  • Campurkan tanah dengan pupuk organik POC NASA atau SUPERNASA
  • Siapkan polybag atau pot berukuran sedang yaitu sekitar ukuran 2 – 3 kg
  • Media tanah diisikan ke dalam polybag atau pot hingga penuh, dan buat lubang pada tengah polybag atau pot sedalam 1 – 2 cm
  • Media disiram hingga basah dan siap dilakukan penanaman

Proses Penanaman

Congkel akar dengan hati-hati agar tidak rusak, untuk dipindahtanamkan ke polybag atau lahan yang telah disiapkan sebelumnya. Lalu ditimbun dengan tanah sisa yang telah diberi pupuk. Kemudian disiram hingga basah.

Pemeliharaan Tanaman Mawar

  1. Penyiangan

Penyiangan yaitu membersihkan lahan atau kebun secara teratur dari rumput-rumput liar.

  1. Pemupukan

  • 3 tutup botol POC NASA ditambah 1 tutup botol HORMONIK lalu dilarutkan ke dalam 15 liter air hingga merata
  • Masukkan larutan ke tangki semprot
  • Kemudian semprotkan ke batang dan daun tanaman secara merata atau disiramkan ke media tanam dengan dosis 200 ml larutan per tanaman
  • Pemupukan dengan cara ini dilakukan setiap 1 – 2 minggu sekali
  • Untuk hasil yang maksimal, tambahkan 0,5 tutup botol AERO-810 pada larutan pupuk diatas. AERO-810 berfungsi sebagai perekat, perata dan pembasah agar pupuk yang telah diaplikasikan lebih mudah terserap ke dalam tanaman dan tidak langsung hilang ketika terkena guyuran air huajn.
  1. Penyiraman

Selalu jaga kelembaban tanaman agar tanaman tidak kekurangan kebutuhan air yang akan menyebabkan tanaman menjadi kering dan mati. Namun kelebihan air juga tidak bagus untuk tanaman mawar karena kan membuat akar tanaman menjadi busuk dan mengganggu proses pertumbuhan tanaman itu sendiri. Penyiraman cukup dilakukan dua kali sehari yaitu setiap pagi dan sore hari. Saat mudim hujan, jadwal penyiraman dapat dikurangi dan menyesuaikan kondisi cuaca.

  1. Pengendalian Hama dan Penyakit

Hama yang sering menyerang tanaman mawar yaitu kutu daun, kumbang, thrips, tungau, dan nematoda lainnya. Sedangkan penyakit yang sering menyerang bunga mawar yaitu bercak daun, tepung mildew, karat daun dan penyakit lainnya. Pengendalian hama dan penyakit yang menyerang tanaman dapat dilakukan dengan pemberian PESTONA, Natural Glio, HORMONIK, atau Natural BVR (Produk pestisida dan pengendalian hayati dari PT Natural Nusantara), diaplikasikan sesuai dosis.

Panen Bunga Mawar

Waktu panen bunga mawar disesuaikan dengan pertumbuhan tanaman, perkembangan tanaman dan juga jenis varietasnya. Namun secara umum, bunga mawar dapat dipanen 4 – 5 bulan sejak waktu tanam. Cara panen bunga mawar yaitu dengan menggunting bagian tangkai bunga menggunakan gunting tanaman dengan hati-hati. Bunga mawar yang telah dipanne atau dipetik, dikemas dan disimpan dengan media lainnya agar bunga mawar tetap segar, tidak mudah layu dan mati.

Tips Merawat Tanaman Bunga Mawar

 

  1. Penggunaan Natural Glio. Natural Glio digunakan sebagai campuran pada media tanam untuk pencegahan hama dan penyakit. Karena jika sudah terserang hama, pertumbuhan tanaman akan terhambat.
  2. Penggunaan SUPERNASA. SUPERNASA digunakan sebagai pupuk dasar untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tanaman.
  3. Penggunaan POC NASA dan HORMONIK sebagai ZPT (Zat Pengatur Tumbuh) tanaman.
  4. Gunakan Power Nutrition. Power Nutrition berguna untuk mengurangi kerontokan bunga dan membantu menaikkan kualitas bunga. Pupuk ini sekaligus berfungsi untuk mengurangi kebutuhan pupuk makro (NPK) sebanyak 75-90%.
  5. Lakukan pengamatan dan gunakan pestisida hayati sesuai kebutuhan.
  6. Yang paling penting yaitu cara merawat tanaman mawar agar rajin berunga. Lakukan pemotongan tangkai bunga mawar yang telah kering menggunakan gunting stek batang yang bersih. Pemotongan batang pada tanaman mawar merupakan perawatan tanaman agar tanaman mawar rajin berbunga. Bahkan terkadang tidak perlu batang mulai mengering untuk kemudian dipotong. Pemotongan perlu dilakukan untuk merangsang pertumbuhan tunas baru, yang mana tunas baru tersebut biasanya akan tumbuh lebih baik dari tunas yang telah dipotong sehingga akan menghasilkan bunga mawar yang baik pula.

Itulah gambaran umum mengenai Cara Menanam Bunga Mawar agar rajin berbunga terutama untuk jenis bunga mawar hias. Semoga bermanfaat.

Butuh Bantuan? Jangan Sungkan!

Jika Anda Butuh Bantuan, Ataupun Hal -Hal Yang Ingin Ditanyakan, Jangan Ragu Untuk Menghubungi Kami, Dengan Senang Hati Akan Kami Bantu

—————————————————-

TELP/SMS/WA

 

0896 6376 5610

 

Bagikan informasi tentang Cara Menanam Bunga Mawar kepada teman atau kerabat Anda.

Cara Menanam Bunga Mawar | Stokis Trenggalek

Belum ada komentar untuk Cara Menanam Bunga Mawar

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
QUICK ORDER
ZAYMA SABUN LULUR PLUS ZAITUN & MADU

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 20.000
Ready Stock / ZAYMA
Rp 20.000
Ready Stock / ZAYMA
QUICK ORDER
DETERGEN STAR-7

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 32.000
Ready Stock / STAR7
Rp 32.000
Ready Stock / STAR7
Best Seller
QUICK ORDER
VITERNA PLUS NASA, Vitamin Ternak Terbaik

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Mulai Rp 50.000
Ready Stock / VTN
*Mulai Rp 50.000
Ready Stock / VTN
SIDEBAR

Alamat Kami :

Utara Puskesmas Karanganyar.

Dusun Jedung, Rt 006 Rw 002, Desa Karanganyar

Kecamatan Gandusari

Kabupaten Trenggalek

Jawa Timur 66372

Hubungi Kami :

WhatsApp :

08123 007 9996
08123 072 0345

Kantor Pusat PT Natural Nusantara